Sunday, April 5, 2020

BEASISWA KOREA #04: RESULT OF FIRST INTERVIEW KOICA ID

Pasca pengumuman document screen Koica Ind, 31 Maret 2020, sebenarnya ada hal menarik dalam emailnya. Dalam list wawancara Koica Ind tertulis semua wawancara akan dilaksanakan pada hari kamis, 2 April 2020.
1. Handong Global University (HGU) dilaksanakan pukul 10.00-10.15
2. Korea Development Institute (KDI) School dilaksanakan pukul 10.15-11.50
3. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dilaksanakan pukul 13.00-14.15
4. Korea National University of Education (KNUE) dilaksanakan pukul 14.15-14.30
5. Hallym University (HU) dilaksanakan pukul 14.30-15.10

Iya kan? Rentangnya terlalu jauh, ada yang cuma 15 menit ada juga yang 95 menit. Buat aku pribadi ini mencurigaka pasti ada sesuatu dibaliknya. Namun ketika aku menanyakan langsung ke bu Yulia juga kurang sopan. Hanya asumsi yang aku punya. Berdasarkan blog awardee Koica tahun sebelum-sebelumnya digambarkan bahwa First Interview ini berlangsung 10-15 menit. Jika kita ambil waktu maksimal dan menghiangkan jeda antar peserta interview maka:
1. HGU diberikan porsi 15 menit jadi kemungkinan ada 1 peserta
2. KDI School mendapatkan porsi 95 menit jadi kemungkinan ada 6-7 peserta
3. KAIST diberikan jatah 45 menit jadi kemungkinan ada 3 peserta
4. KNUE mendapatkan jatah 15 menit jadi kemungkinan ada 1 peserta
5. HU diberikan waktu 40 menit jadi kemungkinan ada 2-3 peserta

Asumsi ini menggambarkan ada minimal 13 peserta dan maksimal 15 partisipan dalam interview. Ini poin pertama. Poin kedua didapatkan dari schedule dalam guideline book. Mari kita lihat, dalam link yang diberikan oleh KTLN Setneg ditahap pertama ada application yang tertera cuma March 2020. Kemudian beranjak ke second step, On-Site Interview yang tertulis March 27 - April 3. Selanjutnya ada, third step, Document Screening (University) yang terjadwal 6 -14 April. Berikutnya, langkah keempat, ada Result of Document Screening yang terpampang April 17. nah ini dia yang menjadi poin, bandingkan antara langkah kedua menuju tiga, dengan step ketiga menuju empat. Iyups.. tidak ada Result of On-Site Interview, kenapa? Ada lupa kali yang bikin schedule? Gak lah wong emang gak ada pengumuman masuk email ataupun telpon masuk dari Koica Ind. So, what is the conclusion? Kalau menurut sudut pandangku sih On-Site Interview (Koica) ini digunakan buat verifikasi calon peserta sebelum dibawa seleksi yang sesungguhnya ke Korea (pihak kampus). Karena kalau melihat dari Guidline book hanya akan ada 1 peserta yang mewakili negaranya untuk masing-masing program. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga ada negara yang tidak mendapatkan kursi karena persaingan antar negara. Misal di Asia jatahnya ada 5 seat dan ada 10 negara yang mendaftar dengan 15 applicants (1 negara ada yang ngirim 1 ada yang lebih). Itu sih sharing yang bisa dibagi ditulisan ini. Yuk ikuti kelanjutannya di blog ini.  
Lokasi: Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment