Saturday, August 24, 2019

PAPERLESS AUTHENTIC ASSESSMENT BASED ANDROID APP

Persatuan Guru Republik Indonesia wilayah Jawa Tengah (PGRI Jateng) kembali mengadakan pelatihan, kali ini mengenai inovasi penilaian authentic assessment based Android App latihan kali ini diadakan di gedung P4G UNIVERSITAS PGRI Gedung 2 pada tanggal 23 sampai 25 Agustus 2019. Bermula dari suatu surat yang saya peroleh dari Kabid Infokom PGRI Purbalingga tentang adanya sebuah peluang untuk mengikuti pelatihan asesmen autentik berbasis Android. Saya yang awalnya sudah tertarik pada penggunaan IT dalam pembelajaran tentunya menyambut baik tawaran tersebut.

PGRI Purbalingga juga memberikan bantuan berupa dana untuk pendaftaran dan transportasi. Kami 3 orang dari purbalingga (saya sendiri SMK Bukateja, Pak Samar dari SDN Purbalingga Lor, dan pak Priyanto dari SMP Negeri 3 Mrebet). Bertolak dari Purbalingga subuh jam 5 dari pusat Kota, pukul 09.30 lewat jalur Utara. Kami sampai ke tempat pelatihan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar kemudian bisa di dengan sehat.


Pada pelatihan kali ini kami diajari beberapa minimalisir pengguna materi pertama disampaikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini diwakili oleh pak Topo dari bidang Khusus. beliau memberikan arah kebijakan PDK Jateng kedepannya. Berikutnya ada pak Ardan yang sudah sangat terkenal di jagat pelatihan guru karena memang sangat aktif untuk melakukan pelatihan mengajari. Kami dibimbing membuat kelas maya dengan website schoology.com beliau mengutamakan menggunakan website gratis guna mengoptimalkan penggunaan IT di dunia pendidikan. Materi berikutnya dari bu Katerina, guru sekolah Indonesia di Moskow.


Beliau menggunakan fitur google classroom mereka mendapatkan banyak sekali pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari pengalaman beliau di Rusia. Google class room di pilih karena langsung nyambung dengan Google form dengan Google Drive yang dengan aplikasi-aplikasi lainnya lebih simpel dan untuk pemula ini.




0 komentar:

Post a Comment