Thursday, May 3, 2012

Memburu PITC 2012

Menjadi perhatian kita bersama selaku keluarga besar UNY, mengawal perjalanan dan perkembangannya menuju World Class University (WCU). UNY dengan segala kondisi dan potensi juga berusaha mempercepat langkahnya menuju WCU lewat agenda universitas. Agenda tersebut merupakan event yang berisi serangkaian agenda yang mendorong dan memotivasi karakter dan potensi mahasiswa. Agenda tersebut menjadi pemicu reaksi aktif dari mahasiswa untuk menindaklanjuti rencana UNY menjadi WCU tersebut. Dengan demikian agenda universitas dapat bersinergi dalam mencapai visi dan misi UNY dalam mencetak mahasiswa yang berkarakter dan professional, serta mampu menjawab tantangan global. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa UNY adalah kompetisi dan prestasi.
Tantangan kompetisi dan prestasi tersebut dapat dilihat dari banyaknya agenda kompetisi dalam bidang penalaran, penelitian, dan karya ilmiah mahasiswa dalam bentuk lainnya. Salah satunya adalah PITC (POLINESInnovation Technology Contest) 2012. PITC merupakan suatu ajang kontes karya ilmiah yang terdiri dari dua kategoti yaitu kategori pelajar SMA/SMK/Sederajat (tingkat Jawa Tengah dan DIY) dan kategori mahasiswa (tingkat Nasional) yang diadakan oleh Politeknik Negeri Semarang (POLINES) yang pada tahun ini bertema "Be Better with Innovation Technology".  Acara ini bergabung dengan event Internasional AFSC (APEC Future Scientist Conference) yang akan diadakan pada tanggal 25 dan 29 April 2012 di Gedung Bale Sindoro, PRPP Semarang yang akan dihadiri oleh MENRISTEK.
UKM Penelitian UNY sebagai wadah bagi mahasiswa yang tertarik dalam dunia penelitian dan karya tulis tergugah untuk mengikuti PITC. Dalam agenda ini, Perwakilan dari UNY mengikuti pendaftaran dan mengumpulkan karya tulis pada 31 Maret, tim dari UKM Penelitian UNY dengan judul karya “Temperature Control System ( Tecos ) Berbasis  Atmega 16 Sebagai Pengatur Temperatur Oven Kayu Konvensional” dinyatakan lolos menjadi finalish dan diundang untuk mempresentasikan karyanya di Semarang. Hasil kegiatan Polines Innovation Technology Contest, Polines Semarang 2012 ini adalah peringkat pertama yaitu perwakilan dari Universitas Diponegoro, peringkat kedua yaitu perwakilan dari Universitas Indonesia dan peringkat ketiga yaitu perwakilan dari Politeknik Negeri Malang. Meskipun belum lolos menjadi juara tapi “mengejar pitc 2012” menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menegangkan.

0 komentar:

Post a Comment