Friday, December 13, 2019

GAGAL NGIKUTIN ISTRI KE INDIA

Setiap episode kehidupan itu akan selslu berisi kondisi dimana kita harus bersyukur dan bersabar. Setap kemudahan dan kelapangan akan menuju pada rasa syukur, syukur itu menjadikan kebaikan dan bernilai pahala. Setiap kesulitan dan kesempitan menuju pada rasa sabar, dan sabar merupakan kebaikan dan bernilai pahala dalam kehidupan. Di chapter kali ini, Alloh SWT memposisikanku dalam kondisi harus bersabar... Ya Innalloha maashobirin..

Kisah ini berawal dari diskusi antara suami istri yang sama suka jalan-jalan. Bedanya, tipis tapi kali ini kami sapakat mengambil program shortcourse ke India. Awal Juni kami berdua apply shorc coures tersebut. list bisa cek di website ya..

Fix dengan program masing-masing, akhirnya kami melengkapi dokumen dan mengirimkannya. FYI, istri ambil program bulan agustus dan aku sendiri apply yang desember. Why? pertama, biar gantian jaga anak. Kedua akhir tahun isrti banyak target laporan dari KPP Purbalingga tapi dia slow ditengah tahu, punya cuti tahunan juga yang bisa dimaksimalkan, sedangkan aku butuh proses panjang dan harus mencari waktu mendekati libur sekolah biar gak KBM efektif.

Ok, kita kaji dulu admission ITEC ya. Simple buat para scholarship hunter:

  1. Orang yang bekerja di pemerintahan, private and public sector, universitas, parastatals, chambers of commerce and industry
  2. Pengalaman kerja 3-5 tahun.
  3. Mampu berbahasa Inggris.
  4. Usia 25-45 tahun.
  5. Sehat secara fisik dan mental. 
Waktu itu mekanisme pendaftarannya adalah.

1. Kita mendaftar secara online di link https://itecgoi.in/meaportal/homepage.
2. Setelah kelar ngisi apliasi dan gak ada perubahan silahkan submit. Hasil PDF di unduh dan ditanda tangani oleh orang yang berwenang.
3. Kirimkan ke Kedutaan India di Rasuna Said Kuningan. Daerahnya banyak banget Kantor Kedubes Dunia jadi sambil liat-liat dan cuci mata.
4. Tunggu proses seleksi, dari Ministry of State Secretariat  kemudian nantinya jika terpilih, pihak Ministry akan menginformasikan ke Embassy untuk hasil tersebut. Biasanya 1 bulan sebelum program akan ada pengumuman.
5. Kalau dah lulus, Embassy nantinya akan menghubungi Anda untuk tahapan pengurusan ijin, visa dan seterusnya.

Terus musti ngapain aja??
1. Ambil jenis course yang diinginkan dari web ITEC.
2. Perhatikan tanggal course, MENDAFTARLAH 3 BULAN sebelum pelatihan dimulai biar ada proses yang proporsional utnuk panitia seleksi.
3. Create account di aplikasi pendaftaran online ITEC.
4. Print aplikasi pendaftaran (hasil aplikasi online),  mintalah tanda tangan atasan sesuai tingkatan pekerjaan Anda. Saat mendaftar saya menggunakan rekomendasi dari Dekan.
5. Siapkan juga nilai untuk tes TOEFL maupun IELTS. Istri pakai Prediction aja laku.
6. Bersiap untuk tes kesehatan. Formnya simple jadi waktu itu kami ambil didokter keluarga Faskes Kesehatan BPJS kami. It's OK
7. Bikin CV yang menarik tapi cukup 1 halaman aja.
8. Lampirkan bukti kepegawaian (yangmnejelaskan kita punya pengalaman kerja lebih dari 2 tahun)
9. Ijasah dan trasnkrip yang sudah di translite juga penting buat mendukung kita lulus program yang kita aplly.
10. Pastiin mengirim dengan benar dan lengkap karena aplikasi beasiswa online hanya akan diproses, jika berkas aplikasi hardcopy Anda sudah diterima Kedutaan India 

Seluruh tahapan proses akan diinformasikan melalui notifikasi ke email dan akhirnya di Agustus istri berhasil menuju Negeri Mahabarata https://www.instagram.com/stories/highlights/17885259373391791/.  Terus aku? Ya cuma sampai visa doang, karena terkendala gak punya cuti tahunan jadi gak bisa keluar ijin dan dinas..

0 komentar:

Post a Comment